film “IRON MAN” menurut saya

Hihi, sepertinya ritual rutin keluarga yang paling dinanti-nantikan anak-anak saya adalah nonton film Superhero di bioskop. Lha iya, mentang-mentang orang tuanya hobi koleksi action figure superhero DC dan Marvel, maka mereka pun familiar dengan Justice League of America, SHIELD, The Hulk, Batman, Spiderman dan yang lain-lain itu. Nah, kemarin, kami sekeluarga nonton film IRON MAN -salah satu tokoh besutan Marvel.

Adalah Tony Starks, sosok ganteng, pengusaha senjata canggih, kaya dan pinter banget sehingga jadi role model (or celebrity ya?) yang tertembak oleh lawan (dengan senjata ciptaannya sendiri) -somewhere di middle east- sehingga jantungnya harus digantikan oleh “mesin” yang terbuat dari reaktor mini. Untuk dapat melarikan diri, dengan bantuan tawanan lain (Yinsen), ia menciptakan “robot super” yang bisa terbang dan mengeluarkan senjata macem-macem. Pengalaman selama disekap membuat matanya terbuka bahwa senjata hanya akan mengakibatkan kehancuran sehingga ia perlu melakukan sesuatu untuk memperbaiki keadaan. Maka lahirlah IRON MAN!

Tony Stark diperankan oleh Robert Downey Jr, Gwyneth Palrow sebagai P.A-nya Tony, dan Jeff Bridges sebagai Obediah, tokoh antagonis di film ini.

Secara keseluruhan film ini cukup menghibur meski dari segi teknologi film “tidak terlalu mengejutkan”. Mungkin karena kalah dulu dengan “Transformer” ya … sehingga saya ngga terlalu kagum dengan teknik robot-robotan seperti itu. Dari segi seru-seruan (saya tirukan kata-kata anak-anak saya aja deh), kalah seru dari Transformer yang robotnya sudah keluar dan berantem kurang dari lima belas menit 🙂

Kalau Anda pernah beli DVD Iron Man yang kartun, film ini dibuat beda. Yang versi kartun, Tony Stark terluka dan terpaksa dioperasi di China/Tibet, bukannya di Timur Tengah. Musuhnya juga penyihir sakti Mandarin bukannya robot Obediah. Well, tapi suka-suka Stan Lee aja deh … 🙂

Stan Lee juga sempat muncul sebagai cameo. Wah, jadi kebiasaan aja nih …

Oya, film ini dirating dewasa, jadinya beware kalo mau ngajak anak-anak. Beberapa kali saya terpaksa nutup mata mereka.

Satu lagi superhero dari Marvel. Saya tunggu The Incredible Hulk!

Score Saya: 3,5 dari 5

Leave a Reply

