Demo, Murni Aspirasi atau Gaya Hidup?

Seminggu ini media nasional rame memberitakan aksi mahasiswa yang katanya sedang memperjuangkan rakyat karena kenaikan harga BBM. Di Unas, bentrok Polisi dan mahasiswa tidak bisa dihindari. Di UKI, Cawang, demo mahasiswa rusuh sampai menimbulkan ‘chaos’ lalu lintas. Di Mustopo, mahasiswa memukuli seorang polisi yang hampir masuk masa ‘MPP’. Kalau sedang begini, memang yang kasian ya polisi … mereka yang selalu berhadapan langsung dengan massa.

Kemarin pagi, sebuah radio di Jakarta membahas masalah ini. Menarik … karena semua sms yang masuk dan dibacakan isinya mengecam aksi-aksi mahasiswa yang mengatas namakan rakyat tapi malah bikin kacau dan ruwet Jakarta. Ujung-ujungnya malah menghubungkan antara aksi anarkis mahasiswa dengan “kualitas” universitasnya. “Siapa dulu yang sekolah di situ?” atau “Yang begitu ngga bakal kejadian di sekolah yang bener.” “Yang masuk situ kan dulu emang ketika SMU hobinya tawuran”. “Siapa sih yang mereka wakili?”

Ketika konfrensi pers bentrok Unas, polisi membeberkan barang bukti antara lain berupa bom molotov dan banyak (Masya Allah) botol minuman keras.  Memang keberadaan barang-barang ini belum dikonfirmasi oleh pihak kampus. Dulu juga pernah saya baca, ketika demo besar saat mahasiswa menduduki gedung MPR/DPR tahun ’98, banyak ditemukan (maaf) kondom bekas tercecer di seputaran gedung. Bener atau tidak? Wallahualam.

Yang saya takutkan, mereka melakukan aksi tanpa tahu apa yang mereka perjuangkan, gagal di akademis kemudian melampiaskan rasa ke ajang demo, ikutan aksi biar dibilang keren, atau jangan-jangan sang kordinator ngga mampu mengendalikan peserta demo (ini mah soal teknis di lapangan).

Jaman saya kuliah dulu, yang paling ditakuti ketika berdemo adalah masuknya provokator (“intel” yang menyamar) di peserta demo.

Ah, mudah-mudahan cepet selesai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s