Computer Forensics, ternyata perlu …

Hari gini kalau mau jadi security officer mesti juga bisa Computer Forensics. At least jika ada insiden keamanan komputer yang memerlukan sedikit sentuhan forensik seperti bongkar hard disk, recover data yang sengaja dihapus, bongkar-bongkar system log dan sebagainya. Soalnya, kalau ada kasus di kantor, misalnya ada laporan “file gw kok tiba-tiba ada di compie orang laen sih, padahal ngga pernah gw kasih ke dia deh,” atau, “email gw rasanya dibongkar orang deh,” pastinya yang dipanggil juga security officernya. 

Apalagi sekarang kan sudah ada UU ITE 2008, apabila salah dalam penanganan evidence elektronik, bakal susah untuk diteruskan ke tahapan selanjutnya. Pengadilan, misalnya.

Btw, ini bicara authorized access ya … 🙂

Ternyata banyak juga software khusus untuk keperluan ini. Yang bayar ada, yang gratis (misalnya di www.opensourceforensics.org) juga ada. Saya juga sudah mulai melihat beberapa buku tentang ini di toko buku. Selain itu, sumber-sumber di internet juga banyak.

Bahkan, kalau mau serius … sertifikasinya juga ada. Di Indo, laku ngga ya ???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: