Linux di COMPAQ Proliant 1600 (bagian 2) : Messaging Server

Melanjutkan catatan terdahulu, kali ini di atas Red Hat 9 tersebut akan diinstall layanan (internal) messaging server. Berbekal nekat, snack, kopi susu, google dan majalah InfoLINUX edisi 6/2009 maka petualangan pun dimulai.  Setelah ditimbang-timbang, messaging server yang dipilih adalah Openfire Server.

Apa itu Openfire Server, bisa dilihat disini, situs resminya.

Secara umum, referensi yang dipergunakan adalah dokumentasi di link berikut dan majalah InfoLINUX edisi di atas.

Persiapan 1 – Download Source

Langkah pertama tentu adalah mempersiapkan source Openfire Server, bisa didownload di situsnya. Hingga saat ini, versi terakhir adalah 3.6.4.  Per catatan ini dibuat, software ini telah diunduh lebih dari 3 juta kali. Openfire Server berlisensi Open Source GPL dan tersedia untuk versi Windows, Mac dan Linux. Untuk versi linux, source tersedia dalam bentuk .rpm, .deb, .pkg.gz dan tar.gz. Jadi, silakan download sesuai dengan distro Anda.Karena saya mempergunakan Red Hat, maka saya pergunakan .rpm.

Persiapan 2 – Web Server

Ketika melakukan instalasi server Red Hat, saya telah pula melakukan instalasi webserver sehingga saya hanya perlu memastikan service web server telah berjalan.

Dengan root, ketik di terminal: /etc/init.d/httpd start

Kemudian, dengan browser Anda, coba masuk ke http://localhost/ untuk memastikan webserver Anda telah siap. Apabila belum, Anda perlu membuka2 lagi dokumentasi mengenai instalasi web server.

Persiapan 2 – Database

Sebenarnya, Openfire server juga menyediakan embedded database dalam servernya. Akan tetapi, dalam catatannya disebutkan bahwa performancenya tidak sebaik database-database seperti MySQL, SQL Server atau Oracle. Sehingga saya putuskan untuk mempergunakan MySQL sebagai databasenya. Sebenarnya, seperti halnya web server, saya telah melakukan instalasi MySQL database ketika melakukan instalasi server. Namun demikian, ternyata versi bawaan Red Hat ini tidak compatible dengan requirement Openfire Server dan menimbulkan masalah dalam proses instalasi. Untuk dapat melakukan instalasi Openfire Server, diperlukan versi 4.1.1.8 ke atas (disarankan versi 5).  Sehingga saya sarankan untuk TIDAK melakukan instalasi MySQL server dalam proses instalasi server, dan melakukan instalasi MySQL Server secara terpisah.

Anda dapat mendapatkan sourcenya di situs MySQL. Anda perlu melakukan download Server, Client, Shared Libraries dan Shared Compatibility Libraries. Pilih yang sesuai dengan distro Anda. Untuk saya, saya pergunakan Red Hat Enterprise Linux 3 RPM.

Kemudian lakukan proses instalasi. Comment umumnya adalah

# rpm -ivh <nama file.rpm>

Setelah Anda yakin MySQL telah terpasang dengan benar:

  1. login ke mysql dengan root
  2. create database untuk openfire
  3. create user, granted all, flush privileges

Instalasi Openfire

Untuk melakukan instalasi, masuk ke root dan ketik di terminal:

rpm -ivh openfire_3_0_0.rpm

Start Openfire Server:

/etc/init.d/openfire start

Untuk linux, openfire akan terinstall di /opt/openfire. Kemudian masuk ke MySQL dan create schema openfire di database MySQL Anda:

  1. import schema openfire dari directory instalasi openfire:
    cat openfire_mysql.sql | mysql [databaseName];

Setup Openfire Server dilakukan dengan “web based wizard”. Apabila Openfire Server telah terinstalasi dengan benar, Anda seharusnya dapat mengakses setup page di http://localhost:9090.

Ikuti langkah-langkah setup-nya. Simple and Straight Forward. Biasanya problem terjadi di koneksi Openfire Server dengan MySQLnya. Jangan putus asa, Mr Google akan banyak membantu!

Satu lagi, saya ngga yakin ini bugs atau bukan. Tapi ketika setup telah selesai dan saya ingin login dengan admin, password saya selalu dibilang salah. Untuk solve masalah ini, tinggal restart Openfire Server Anda!

/etc/init.d/openfire restart

Saat ini, Openfire Server saya sedang diuji coba. Untuk chat client, saya gunakan Pidgin bagi user yang mempergunakan Microsoft Windows. Saya juga sudah coba Kopete, tapi sepertinya komunikasi antara Pidgin dan Kopete ngga mulus. Ini masih jadi PR.  Saya juga mesti memastikan fungsi file sharing bisa berjalan dengan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s