Mencoba Dropbox … Amazing!

Pernah dengar dropbox? Kalau belum -apabila Anda perlu online shared storage yang free, bisa diakses dari mana saja dan yang terpenting, auto synchronized- saya sarankan Anda mencoba software ini.

Pertama kali saya baca mengenai software ini di majalah INFOLINUX -saya lupa nomor berapa. Baru belakangan ini saya tertarik untuk mencoba karena sering berada di luar kantor. Secara lengkap mengenai apa dan bagaimana bisa dibaca sendiri di situsnya: www.dropbox.com.

Simplenya, dropbox akan melakukan sinkronisasi file-file yang ada di folder lokal dengan folder online Anda.

Tentu saja Anda perlu register dulu untuk bisa mempergunakan layanan ini. Download saja dan install. Tersedia versi Windows, Mac dan Linux.

Untuk user OpenSuse 11.1 seperti saya, silakan merefer ke sini, di situ atau di sebelah sini untuk KDE. Untuk Windows, pretty straight forward, tinggal download, install dan ikuti step2nya.  Mac? Jangan tanya, saya belum coba … ngga punya euy :p

Please note, ada sedikit tambahan yang kurang ditulis di situ: ketika Anda pertama kali menjalankan icon dropbox, maka akan muncul dialog box untuk melakukan download dan instalasi daemon. Apabila Anda di belakang proxy -di kantor, misalnya-  jangan lupa masukkan username dan password proxy Anda! Anda mungkin perlu menjalankan dropbox pertama kali dengan command line agar bisa memasukkan username dan password proxy Anda.

Beberapa hari ini saya sudah mempergunakan dropbox dan so far, it is one of the amazing technology innovation!

Leave a Reply

