Prita Mulyasari Divonis Bebas

Akhirnya ….

kasus ini jadi pembelajaran mahal, bahwa semua pihak utamanya penegak hukum mesti memahami esensi kenapa UU ITE dilahirkan dan apa yang sebenarnya berusaha dilindungi oleh UU ini. Apa sih yang menjadi semangatnya? Selain itu, para pengguna internet juga mestinya mulai sadar bahwa apa yang diposting mesti bisa dipertanggungjawabkan. Klik-mu Harimau-Mu! 🙂

Karena toh UU ini buatan manusia, maka bukanlah hal yang haram untuk direvisi. Di era sekarang ini, informasi menyebar begitu cepat. Regardless media yang dipergunakannya -digital ataupun tidak- mestinya aturannya sama. Mesti Akurat dan Akuntabel. Jadi UU yang terkait dengan “informasi” mestinya digabung saja. Dan UU ITE mungkin akan lebih baik untuk secara spesifik diarahkan ke “Transaksi Elektronik” saja.

Pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan … biarkan UU lain yang menanganinya.

=========================================

dikutip dari http://www.detik.com

Jakarta – Prita Mulyasari akhirnya divonis bebas. Prita tidak terbukti melakukan pencemaran nama baik RS Omni Internasional. Prita pun langsung sujud syukur. “Menyatakan terdakwa Prita Mulyasari bebas dan tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pencemaran nama baik,” kata Ketua Majelis Hakim, Arthur Hangewa, di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Jalan TMP Taruna, Tangerang, Selasa (29/12/2009). Kedua, kata Arthur, membebaskan Prita dari dakwaan dan tuntutan jaksa penuntut umum. Ketiga, memulihkan nama baik dan martabat terdakwa. Selanjutnya, keempat menyita barang bukti dan membebankan biaya perkara kepada negara.

Prita tampak memanjatkan syukur dengan mengusap wajahnya. Puluhan pendukung Prita pun bersorak gembira. “Hidup Prita! Allahu Akbar!” Prita langsung maju ke depan meja hakim dan melakukan sujud syukur. (aan/gah)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s