Koneksi VPN dengan VPNC di Ubuntu 10.04

Salah satu “personal to do list” saya di tahun 2011 adalah bisa melakukan koneksi ke kantor melalui VPN di Ubuntu 10.04. Karena selama ini saya hanya bisa melakukannya dengan “Cisco VPN Client” yang jalan di environment Windows. Sederhana ya cita-cita saya? 🙂

Saya mesti baca sana-baca sini, dan googling sana-sini. Dari begitu banyak referensi serta beberapa “trial and error”, saya pilih untuk mempergunakan “vpnc” yang tersedia di repository Ubuntu karena sepertinya ini yang paling simpel menurut saya. VPNC ini adalah semacam “plugins” untuk Network Manager yang memang sudah secara default terpasang di Ubuntu.

  1. Gunakan Synaptic Package Manager untuk install “vpnc”. Kalau Anda memang orang yang alergi pakai “GUI” Anda boleh pakai command “sudo apt-get install network-manager-vpnc” 🙂
  2. Cara paling mudah adalah dengan melakukan import file *.pcf (yaitu profile koneksi vpn Anda). Anda bisa hubungi Administrator Anda untuk mendapatkan ini. Atau, jika Anda sudah punya koneksi vpn yang berjalan di environment Windows, cari file *.pcf di disk Windows Anda, copy ke Ubuntu Anda dan import dengan fasilitas “Import” yang ada di Network Manager, di tab VPN.
    Note: bagian ini sempat membuat saya frustasi, karena saya tidak pernah diberi file *.pcf. Ketika saya coba Add koneksi dan saya masukkan parameter yang sesuai (gateway, group, password group, username, password) tapi selalu failed. Saya coba referensi ini https://help.ubuntu.com/community/VPNClient, tapi gagal! 😦 Sempet juga coba install Kvpnc (vpnc untuk KDE) tapi tetap saja ditanya file *.pcf. Jadi kesimpulannya …. ya, mesti dapat file *.pcf. Karena kebetulan saya sempat punya Cisco VPN Client yang jalan di Windows, maka saya tinggal ambil file itu dan import di Ubuntu. Sebenarnya mungkin ada cara lain yakni install Cisco VPN Client tarball Linux di Ubuntu. But I would not recommend that approach 🙂

Saat ini, koneksi dengan VPNC sudah saya coba dan sukses.

Nah, semakin banyak fungsi yang sudah bisa saya pindahkan ke Ubuntu saya, maka semakin berkurang ketergantungan saya pada OS nya Om Bill Gates. Tinggal Microsoft Visio dan Project niih, ayo donk para developer, bikin aplikasi yang bisa head -to-head dengan Visio dan Project!

 

2 thoughts on “Koneksi VPN dengan VPNC di Ubuntu 10.04

Add yours

  1. terimakasih artikelnya bagus, memberikan pencerahan (walau sedikit tapi bermanfaat) 🙂

    maaf nih kalo visio di linux = dia ?

  2. Ini pertanyaan “klasik”. Jawabannya “tidak sama dengan”. Fungsinya sama untuk diagram mapping, tapi menurut saya sih DIA tidak menggantikan visio karena banyak fungsi yang belum bisa diakomodasi oleh DIA. Udah pernah coba running Visio di Linux via WINE?

    Mungkin perlu dicoba, saya dulu pernah coba tapi kok saya lupa hasilnya ya?

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

