Ubuntu 12.04 : Ubuntu One bikin Slow?

ubuntu_one

Baru seminggu saya pakai Ubuntu 12.04 dan ibarat bulan madu, sedang mesra-mesranya. So far, booting amat cepat, saya sudah mulai familiar dengan desktop Unity, serta HUD nya. Wine saya tidak lagi bermasalah sebagaimana di versi 11.04. Ini penting karena saya pakai Lotus Notes dengan wine untuk connect ke mail server kantor saya.

Karena sekarang jaman cloud tentu saya tak lupa install dropbox di mesin ini. Seperti biasa, Ubuntu tidak mengalami masalah dengan dropbox kecuali icon di panel yang tetap “grey”. Fungsional berjalan lancar. Hanya saja, kali ini saya ingin pakai “jatah gratis” saya di Ubuntu One yang tidak pernah saya pakai. Setelah konfigurasi beberapa folder untuk “sync”, kelihatannya tidak ada masalah. Sip.

Tapi tadi sore ketika saya menyalakan mesin saya kok ada yang aneh. Mesin saya jadi unresponsive. Mikirnya lama banget, lampu indikator kelip-kelip terus. Wah, kenapa nih? Ketika dicek di system monitor ternyata ada satu proses yang bikin processor saya kewalahan (diatas 80%). Proses ini adalah “ubuntuone-syncdaemon” yang dugaan saya dipakai oleh Ubuntu One untuk synchronize file-file saya ke cloud. Halah ….

Dari hasil googling, memang ternyata keluhan ini bukan milik saya sendiri. Malah ada yang pindah ke dropbox karena issue ini. Bahkan di launchpad juga dinoted as bugs:

https://bugs.launchpad.net/ubuntu/+source/ubuntuone-client/+bug/511754

https://bugs.launchpad.net/ubuntuone-client/+bug/396770

So sepertinya pilihannya me-remove Ubuntu One nya atau menonaktifkan service nya. Saya pilih yang kedua.

Well, well … sepertinya dropbox masih tetap jadi pilihan. Bagaimana dengan Google Drive? Sudah ada yang coba?

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

