Soal Comment di Berita Online

Suka membaca comment yang ada di berita-berita online tidak?

Salah satu keunggulan media berita online dibanding yang versi kertas adalah kemampuannya membangun komunitas pembaca dimana dia memberi ruang untuk interaksi dengan pembacanya baik berupa forum ataupun kesempatan untuk memberikan comment di setiap berita yang ada.

Terus terang, saya suka membaca comment-comment tersebut. Kadang saya takjub bagaimana berita yang sama menimbulkan perspektif yang berbeda. Banyak juga comment yang kasar dan menurut saya tidak pantas diposting tapi banyak juga comment yang bijaksana dan fair (menurut perspektif saya). Tak jarang mereka saling berantem sendiri. Berantem secara maya …. 🙂

Pengamatan saya juga, tak sedikit yang pakai nama “palsu”. Hmmm, kategori ini nih yang ini biasanya yang suka berkomentar “di luar normal”. Bikin heboh … apapun motivasinya. Perhatiin deh, apalagi ketika jaman pilkada Jakarta. Seru. Semua orang boleh omong apa aja, paling bener dan paling pinter.

Ibarat kita duduk bareng di warung kopi kemudian diskusi membahas suatu berita, tapi jika lawan diskusi kita “ngawur” dan “tidak beretika” ya akhirnya jadi gondok aja kan ya? Kalau di warung kopi kita bisa “toyor” tu kepalanya, tapi kalau di dunia maya? Lah, siapa orangnya aja kita gak tau?

Mungkin mulai besok saya berhenti baca comment-comment itu ya. Bikin gondok aja.

#edisinunggumacet

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

